SIAPAKAH MEREKA

Hadir tanda tanya dalam diriku, ketika tadi siang aku menyaksikan acara berita dari salah satu stasiun TV yang menayangkan informasi tentang penangkapan anggota OPM di salah satu kota di Papua. Siapakah mereka?mengapa mereka disebut OPM? lalu kenapa mereka harus ditangkap?

Bukankah negara ini negara hukum? iya benar negara ini negara hukum namun rakyatnya banyak yang tidak memahami hukum. Banyak hal yang menyebabkan ketidakpuasan sehingga melahirkan bentrokan dengan pemerintahan bahkan dengan negara ini dari rakyatnya sehingga para penegak hukum mencap mereka sebagai ini dan itu, dan lain lain sebagainya.

Segala ketidakpuasan yang ada dirakyat, terutama masyarakat yang ada di Papua selama ini, sudah tertanam sejak pencaplokan wilayah oleh NKRI. Sejak Bung Karno ( Presiden RI I) mengumandangkan Trikora, dan berhasil merebut wilayah papua dan menjadikan sebagai bagian dari RI.

Untuk itu masyarakat papua dan sebagian dari mereka yang menyebut diri OPM , akibat dari ketidakpuasan menerima, yang diminta lain dengan yang diberi, ketika meminta pengakuan kedaulatan penuh sebagai sebuah negara merdeka malah yang dikasih otonomi khusus.

Jika negara ini memberikan perhatian dan pemahaman yang baik dan benar serta sesuai dengan adat, budaya daerah setempat maka pastilah segalanya akan aman dan baik-baik saja. Tidak ada penamaan kepada kelompok ini dan kelompok itu, semuanya sama sebagai masyarakat yang punya hak untuk bicara. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan ide mereka. Bukankah segala sesuatu dapat dilakukan dengan jalan damai? Mengapa hanya untuk bicara tentang kebenaran sejarah saja harus di tangkap dan dipenjara?

Semoga jangan adalagi pertumpahan darah, penangkapan semena-mena dan kekerasan lainnya ditanah yang sangat kucintai.

'Jadikan Papua Tanah Yang Penuh Dengan Damai".



No comments:

Post a Comment

Kalo ko tra puas, kas masuk ko komentar

MENU